Total Tayangan Halaman

Senin, 14 Februari 2011

X-47 B menjadi andalan baru AL AS

Per­usa­ha­an Northrop Grum­man di­ka­bar­kan ber­ha­sil me­ngem­bang­kan ro­bot pe­sa­wat tem­pur si­lu­man per­ta­ma di du­nia. Jet tem­pur cang­gih X-47B yang be­lum di­be­ri na­ma ini ter­bang tan­pa pi­lot (di­ken­da­li­kan da­ri mar­kas) un­tuk ka­li per­ta­ma, Ju­mat (4/2) da­ri Ed­wards Air For­ce Ba­se (AFB), se­buah pang­kal­an Ang­kat­an Uda­ra Ame­ri­ka Se­ri­kat (AU AS) yang ada di Ca­li­for­nia.

X-47B me­le­sat ke uda­ra pu­kul 14.09 wak­tu se­tem­pat. Ber­ha­sil me­la­ku­kan ta­ke-off tan­pa ham­bat­an, me­nu­ju ti­tik ko­or­di­nat yang te­lah di­ten­tu­kan dan kem­ba­li men­da­rat di pang­kal­an de­ngan mu­lus, se­te­lah me­la­ku­kan ber­ba­gai ma­nu­ver se­la­ma 29 me­nit di ke­ting­gi­an 5000 ka­ki. Ti­pe ro­bot X-47B me­ru­pa­kan se­buah pro­yek ra­ha­sia atas ker­ja sa­ma Northrop Grum­man de­ngan AL AS yang me­ne­lan da­na se­ni­lai US$635 ju­ta atau se­ta­ra Rp 5,66 tri­li­un.

Ro­bot pe­sa­wat tan­pa awak ini pu­nya ren­tang dan da­ya yang le­bih be­sar un­tuk me­la­ku­kan ak­si le­pas-lan­das da­ri se­buah ka­pal in­duk, di­leng­ka­pi amu­ni­si bom yang di­ken­da­li­kan la­ser dan mam­pu me­la­ku­kan peng­isi­an ba­han ba­kar di uda­ra.

Uji la­yak ter­bang yang di­la­ku­kan le­bih da­ri se­ta­hun me­ru­pa­kan lang­kah awal un­tuk me­me­ra­ga­kan so­sok ter­ba­ru da­ri ti­pe ro­bot jet tem­pur si­lu­man per­ta­ma di du­nia.
Jet tem­pur cang­gih ini me­ru­pa­kan pe­san­an da­ri Na­vy Se­al (pa­suk­an elit Ang­kat­an La­ut Ame­ri­ka Se­ri­kat). Bo­cor­an ka­bar yang mun­cul me­nye­but­kan, ro­bot ini ba­ru akan di­gu­na­kan un­tuk ke­per­lu­an mi­li­ter pa­da 2013.

X-47B mam­pu me­la­ku­kan pe­ner­bang­an de­ngan ke­ce­pat­an pun­cak atau high sub­so­nic, yang ko­non ja­uh le­bih ce­pat di­ban­ding­kan de­ngan UAV se­be­lum­nya se­per­ti pe­sa­wat Pre­da­tor dan Re­a­per. Ke­dua sa­yap X-47B mi­rip sa­yap ka­le­la­war de­ngan pan­jang 62,1 fe­et (18,92 me­ter), ber­mua­tan mak­si­mum 4.500 pound (2 ton le­bih), di­leng­ka­pi de­ngan se­jum­lah sis­tem sen­sor dan jang­kau­an le­bih da­ri 2.100 mil la­ut (3.379,6224 km). Yang le­bih he­bat­nya la­gi, ro­bot jet tem­pur ini da­pat di­ken­da­li­kan se­ca­ra ja­rak ja­uh (de­ngan re­mo­te) atau­pun di­pro­gram le­bih lan­jut gu­na ke­per­lu­an se­buah mi­si ter­ten­tu.

Di­be­ka­li ke­mam­pu­an ter­bang le­bih da­ri 40.000 fe­et atau se­ki­tar 12,192 km, ro­bot ini da­pat di­gu­na­kan da­lam mi­si ma­ta-ma­ta atau pe­sa­wat in­tai un­tuk mi­si in­te­li­jen, pe­nye­rang­an se­ca­ra pre­si­si dan men­de­tek­si ru­dal ba­lis­tik yang ada. Se­be­lum di­uji co­ba un­tuk pe­ner­bang­an meng­gu­na­kan ka­pal in­duk, ro­bot tem­pur ini ju­ga di­jad­wal­kan men­ja­la­ni uji pe­ner­bang­an tam­ba­han di Na­val Air Sta­tion Pa­tuxent Ri­ver. Na­mun ka­bar ter­ba­ru me­nye­but­kan, X-47B se­ge­ra pu­nya sa­ing­an be­rat ya­i­tu ken­da­ra­an tem­pur uda­ra tan­pa ber­awak mi­lik Ing­gris. Jet tem­pur yang di­na­mai Ta­ra­nis ini ka­bar­nya ju­ga akan di­uji co­ba ta­hun ini.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar